Wednesday, January 31, 2018

Peristiwa gagal Ginjal: Setelah Transplant hingga saat ini

10 bulan sudah berlalu peristiwa transplantasi ginjal ku yang berhasil dilakukan di Singapore di rumah sakit Mount elizabeth, namun perjalanan hidup berkenaan dengan kesehatan ginjal ini belumlah berakhir. Transplantasi ini memang merupakan mujijat yang Tuhan berikan kepadaku, dari segi apapun yang kulihat rasanya mustahil namunn itulah yang terjadi Tuhanku Luar Biasa!!!!!!
Keberhasilan pencangkokan ginjal ini harus di pelihara dan dijaga seumur hidup dan harus mawas diri. Memang aku sudah terlepas dari proses cuci darah namun tidak berarti aku sudah lepas segalanya, aku masih harus meminum obat seumur hidupku.
Awal setelah transplantasi aku harus kontrol ke dokter dua hari sekali sehingga tidak memungkinkan aku pulang pergi ke Singapore dan akhirnya aku menetap di Singapore selama 2 bulan. selama dalam proses penerimaan dan adaptasi Ginjal dengan tubuhku ternyata aku masih mengalami sedikit penolakkan sehingga dokter memberikan obat tambahan dan suntikkan yang terus di monitor oleh dokter tersebut, dan aku harus menjalani 2 hari sekali check laboratorium untuk melihat hasilnya dan pemeriksaan lab ini memerlukan biaya yang sangat besar.  bersyukur setelah liwat beberapa minggu akhirnya tubuhku dapat menerima ginjal tersebut dan mulailah berkurang kunjungan kedokter menjadi seminggu sekali lalu berlanjut 2 minggu sekali, karena 2 minggu sekali dan masa sewa rumah di Singapore selama 2 bulan telah selesai maka kami pulang ke Jakarta.
Selama beberapa bulan kami harus bulak balik Jakarta Singapore untuk memeriksakan diri, pernah aku mengusulkan untuk memeriksa lab di Jakarta saja dan hasilnya saya bawa ke Singapore namun di tolak oleh team dokter disana, maka kami tetap memeriksakan diri ke Singapore dengan biaya Lab yang sangat aduhai.....
Tuhan luar biasa memberikan banyak kesempatan dan kemurahan padaku, sampai pada satu saat aku merasa berat sekali untuk membeli obat di Singapore maka dokter mengijinkan aku membeli di Jakarta dan di beritahu bahwa saya bisa mengajukan ke BPJS di Indonesia agar bisa dapat gratis dan sisa obat lainnya boleh beli juga di Jakarta.
Begitu mendengar kabar baik ini maka saya langsung menggunakan BPJS ku untuk mulai ke puskesmas dan rujugan ke rumah sakit Cipto dan akhirnya aku memeriksakan diri ke Cipto dengan dokter Endang Susalit dan berlanjut ke poli ginjal di RS Ciptomangun kusumo. puji syukur semua berjalan dengan lancar. Namun demikian 3 bulan sekali aku masih memeriksakan diri ke singapore ke dokter Lye way Chong dan ke dokter Tan Eng Chon.
Hal yang meresahkan kadang di rumah sakit Cipto kami bertemu dengan banyak orang yang sependeritaan namun seringkali mendengar cerita cerita bahwa ada yang baru sekian tahun rusak kembali, ada yang beberapa bulan dan berita negatif ini sungguh meresahkan namun heran selama di Singapore justru aku mendengar yang sebaliknya ada yang sudah diatas 10 tahun ada yang sudah 18 tahun. akhirnya semua kembali kepada kita bagaimana merawat diri dan jaga kesehatan.
Untuk mereka yang terkena gagal ginjal jangan menyerah, hidup ini ada lah perjuangan mungkin sekali kita harus berjuang dengan cuci darah jalani dan jangan takut Tuhan berserta dan memberi penghiburan

No comments: